Rabu, 08 Juni 2016

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) untuk Materi Perkembangan Prenatal Manusia



Tugas Teknologi Inf dan Multimedia #

Nama      : ANDHIKA LUKMAN BASKARA
Kelas       : 4 IC 02
NPM       : 20412745
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 2 Lamongan diketahui bahwa sarana dan prasarana berupa laboratorium komputer belum bisa dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber belajar siswa. Laboratorium komputer hanya dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler komputer serta pembelajaran untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi dan beberapa siswa SMA Negeri 2 Lamongan, diperoleh informasi bahwa: 1) media untuk pembelajaran materi perkembangan prenatal manusia hanya menggunakan papan tulis, buku teks, dan LKS yang memiliki gambar yang tidak jelas dan tidak berwarna; 2) Siswa kurang termotivasi saat mengikuti materi perkembangan prenatal manusia karena merasa kesulitan untuk membayangkan perkembangan manusia di dalam rahim.
 Dengan demikian, upaya inovasi dan kreatif yang mengarah kepada pencapaian kompetensi materi perkembangan prenatal manusia tersebut mutlak diperlukan di SMA Negeri 2 Lamongan. Secara teoritis, untuk mengatasi permasalahan tersebut di antaranya dengan memproduksi media pembelajaran yang mampu memvisualkan perkembangan manusia di dalam rahim ibu. Media pembelajaran yang diproduksi adalah media pembelajaran biologi berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran individual.
Media pembelajaran berbasis CAI ini memiliki kemampuan dalam mengintegrasikan komponen warna, musik, dan animasi grafik (graphic animation). Keberadaan animasi dapat memperjelas uraian konsep sehingga pemahaman konsep lebih mudah jika dibandingkan dengan memakai sumber belajar yang statis berupa buku teks, papan tulis, ataupun LKS. Media pembelajaran berbasis CAI ini juga mampu memberikan balikan (feedback) sehingga siswa dapat aktif berinteraksi dengan media yang diproduksi. Selain itu, media juga dapat meningkatkan motivasi dan perhatian siswa untuk belajar dan mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih langsung untuk menjelaskan materi perkembangan prenatal manusia. Bentuk pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) yang diberikan adalah bentuk tutorial bercabang. Bentuk pembelajaran tutorial secara umum melibatkan dua fase pertama pembelajaran, yaitu memaparkan informasi (presenting information) dan membimbing siswa (guiding the student).
Desain uji coba penelitian meliputi validasi isi dan uji coba di lapangan (implementasi). Validasi isi diperoleh dari penilaian dan tanggapan dari validator ahli materi dan ahli media yang selanjutnya digunakan untuk menentukan kelayakan dan bagian media CAI yang perlu direvisi. Uji coba di lapangan dilakukan dengan mencobakan media CAI kepada siswa dan guru bertindak sebagai observer. Siswa belum pernah mempelajari materi perkembangan prenatal manusia melalui kegiatan belajar mengajar di kelas. Data yang diperoleh bersifat kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner (angket) serta nilai pretes dan postes. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis CAI yang diproduksi memiliki tingkat kelayakan tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi kelompok ahli terhadap media yang dikembangkan adalah 94,85 % (valid). Sedangkan hasil validasi audiens pada uji kelompok satu lawan satu adalah 95,83 % (valid); kelompok kecil 94,99 % (valid); serta kelompok uji coba lapangan 92,03 % (valid). Peningkatan nilai postes dari pretes menunjukkan bahwa media pembelajaran yang diproduksi efektif untuk pembelajaran individual. Peningkatan nilai postes dari pretes pada saat uji coba satu lawan satu sebesar 23,33; uji coba kelompok kecil sebesar 21,67; serta uji coba lapangan sebesar 24,67. Selain itu, hasil observasi guru pada saat uji coba lapangan menunjukkan bahwa siswa sangat termotivasi belajar materi perkembangan prenatal manusia menggunakan media CAI dan lebih mudah dalam memahami materi tersebut. Oleh sebab itu, secara umum media pembelajaran berbasis CAI tersebut layak digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah di SMA Negeri 2 Lamongan untuk materi perkembangan prenatal manusia.
Saran pemanfaatan produk yang dapat dikemukakan setelah dilaksanakan penelitian pengembangan ini adalah 1) media pembelajaran berbasis CAI sebaiknya digunakan pada komputer dengan spesifikasi minimal Pentium IV, RAM 256 MB; 2) sebaiknya digunakan oleh siswa yang telah memahami materi prasyarat, yaitu struktur sistem reproduksi dan gametogenesis; 3) guru dapat bertindak sebagai pembimbing, 4) terutama ditujukan pada siswa yang telah memiliki kemampuan dasar mengenai pengoperasian komputer, dan 5) jika mengalami persoalan terkait dengan pengoperasian produk, siswa bisa mempelajari menu help atau Petunjuk Penggunaan Siswa.
Saran diseminasi produk yang dapat dikemukakan setelah dilaksanakan penelitian pengembangan ini adalah 1) media CAI ini dapat diterapkan secara bertahap, yaitu guru menjelaskan cara pembelajaran kemudian siswa belajar mandiri; 2) agar dapat diterapkan di sekolah lain perlu diperhatikan karakteristik siswa dan sekolah yang bersangkutan.
Saran pengembangan produk lebih lanjut yang dapat dikemukakan setelah dilaksanakan penelitian pengembangan ini adalah 1) perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dalam rangka mengeliminasi kekurangannya; 2) media pembelajaran berbasis CAI untuk materi lain perlu dikembangkan; 3) perlu dikembangkan media pembelajaran berbasis CAI yang online, dapat diakses melalui internet.
Daftar Pustaka
Alsa, Asmadi. (2004).Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan
Praktik (Edisi Revisi II). Jakarta: PT.Rineka Cipta.
AzharArsyad.(2003).MediaPembelajaran.Jakarta:PTRajaGrafindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar