Senin, 06 Juni 2016

Reklamasi Pantai

Nama : Andhika Lukman
NPM : 20412745
Kelas : 4IC02



Pendapat saya Tentang Reklamasi Pantai
Apa si itu Reklamasi? Reklamasi adalah suatu perubahan atau perbaiakan. Dan pada kesempatan ini saya ingin berpendapat tentang Reklamasi Pantai yang sedang ramai dibicarakan di negara ini Indonesia. Kegiatan Reklamasi panatai ini sendiri merupakan upaya teknologi yang dilakukan oleh manusia (dalam hal ini pemerintah) untuk merubah suatu lingkungan alam menjadi lingkungan buatan, suatu tipologi ekosistem estuaria, mangrove dan terumbu karang menjadi suatu bentang alam daratan.
Reklamasi? Menurut saya ide atau masukan yang bagus, karena kenapa? Karena reklamasi ini sangat positif dan bahkan berguna bagi kita sebagai manusia dan ekosistem yang ada disekitar. Dan pada saat ini dinegara kita ini sedang hebohnya berita tentang pereklamasiaan pantai. Saya sangat setuju dengan reklamasi pantai itu sendiri, dikarenakan dengan adanya reklamasi ini suatu wilayah yang tidak terpakai, terurus bahkan sudah rusak bisa dimanfaatkan menjadi tempat yang lebih baik bisa berguna untuk masyarakat indonesia.



Dengan adanya reklamasi pantai ini akan lebih baik, karena dari pada membiarkan suatu perairan di pantai yang rusak lebih baik dimanfaatkan untuk pembangunan atau dijadikan hutan mangrove yang berguna sekali bagi ekosistem yang ada di laut. Dan bahkan bisa menjadi tempat yang bagus untuk dijadikan suatu pulau yang dimanfaatkan untuk tujuan wisata edukasi bagi masyarakat luas, kita sadar bahwa dinegara kita masih banyak yang harus dibenahi mulai dari insfratuktur-insfratuktur di darat. Sampah-sampah yang berserakan di lautan yang terbawa arus, bahkan itu bisa merusak suatu ekosistem yang ada dilingkungan sekitar.



Dan ini kesempatan yang bagus bagi pemerintahan Indonesia untuk melakukan reklamasi pantai yang ada diIndonesia ini. Sebagai rakyat saya ingin sekali melihat pantai-pantai, laut-laut yang ada di Indonesia ini bisa lebih terawat, teratur, dan menjadi distinasi utama untuk wisatawan lokal maupun mancanegara karena dinegara kita keluasan wilayah antara daratan dan lautan lebih besar/luas wilayah lautan, maka dari itu saya sangat setuju akan adanya reklamasi pantai ini. Pantai-pantai yang sudah kotor tak terwat bisa direklamasi menjadi sebuah pulau yang bagus. Dan bisa juga dijadikan untuk suatu wilayah pemukiman yang ramah lingkungan dengan menjaga kebersihannya.

Jadi intinya suatu reklamasi adalah sebuah perubahan yang menjadikan sebuah wilayah dipantai menjadi lebih baik dan menjadi lingkungan yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar